PENGAMBILAN SAMPLE UNTUK PERHITUNGAN VOLUME HASIL PROSS-CUT DI AREA PEMBAHANAN

Perhitungan volume hasil proses cross-cut di area pembahanan ini diawali dengan meghitung panjang, lebar dan tinggi susunan yang telah disusun pada pallet. Kemudian perhitungan volume didapat dengan mengalikan lebar dan tebal papan sesuai ukuran fisik kayu (actual size) dengan panjang yang dikalikan dengan 90% sebagai faktor untuk mengantisipasi jumlah gap yang ada pada susunan kayu. Sehingga volume yang dihitung mendekati volume akurat bila dilakukan check fisik yaitu pengukuran potongan kayu satu-persatu. Standar penataan dan perhitungan volume hasil cross-cut sudah merupakan ketentuan perusahaan.

Pada penelitian ini perhitungan volume hasil proses cross-cut diambil dalam kurun waktu satu bulan selama bulan Juli 2007. Perhitungan volume pada penelitian ini diambil dalam kurun waktu satu bulan selain karena keterbatasan waktu pelaksanaan kerja praktek juga dikarenakan kurun waktu satu bulan merupakan batasan waktu perusahaan untuk melakukan stock opname yaitu kegiatan pemeriksaan bahan baku pada setiap gudang bahan yang ada untuk kemudian diperiksa dan dilaporkan ke kantor pusat di Jakarta sebagai referensi perencaaan kebuthan bahan dan jadwal induk produksi. Maka kegiatan stock opname yang dilakukan setiap akhir bulan ini akan turut mempengaruhi keputusan pembelian bahan baku kayu albasia yaitu break down albasia

Pengelompokan Berdasarkan Grade

Data yang didapat dari hasil perhitungan volume tersebut diatas dikelompokan berdasarkan grade input dari proses cross-cut yaitu grade A (SO), AB merah, AB hijau, B- (PBL), B (SM), C+ (SM), C (SM) dan C (PBL). Pengelompokan ini dimaksudkan agar proses perhitungan dan analisis lebih mudah sehingga peningkatan atau penurunan volume dapat dilihat dengan jelas perbandingan setiap grade, setiap minggu dalam kurun waktu satu bulan. Pengelompokan data setiap grade ini juga memberikan informasi jumlah volume output yang dihasilkan masing-masing grade.

Perbedaan grade ini, hhususnya perbandingan antara papan saw mill dengan papan beli memberikan informasi perbandingan kualitas keduanya. Untuk mempermudah perbandingan tiap grade perusahaan telah menyetarakan grade papan beli dengan grade papan saw mill yaitu grade B- papan beli setara dengan grade C+ papan sawmill dan grade C papan beli setara dengan grade C papan saw mill.

No Responses to “PENGAMBILAN SAMPLE UNTUK PERHITUNGAN VOLUME HASIL PROSS-CUT DI AREA PEMBAHANAN”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: